5 Tips Mengolah Masakan agar Lebih Sehat

Posted on by Capodimonte Indonesia

5 Tips Mengolah Masakan agar Lebih Sehat

Kesehatan keluarga, tentu adalah hal yang paling utama. Setiap bunda, pasti menginginkan yang terbaik bagi keluarganya. Berbagai cara pasti bunda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satunya adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Untuk memastikan makanan yang di konsumsi keluarga adalah makanan yang sehat dan bernutrisi itu sebenarnya susah-susah gampang lho. Terkadang bunda sudah membeli aneka bahan makanan yang sudah tentu sehat dan memiliki nilai gizi yang baik, tapi ternyata gizi makanan tersebut menjadi berkurang bahkan hilang akibat salah pengolahan.

Wah kalau sudah begitu tentu merugikan sekali kan, Bunda? Kira-kira bagaimana ya cara mengolah makanan yang baik agar gizi makanan tersebut tidak rusak? Yuk simak tips dibawah ini!

1. Direbus

jagung rebus

Yap! Jika Bunda ingin makanan lebih sehat, Bunda dapat merebusnya. Selain praktis, makanan yang direbus juga mengandung lemak lebih sedikit karena tidak menggunakan minyak. Salah satu bahan yang dapat direbus misalnya sayur-sayuran. Jangan lupa tambahkan sedikit garam untuk menambah rasa, dan pastikan suhu tidak terlalu tinggi agar gizi dalam sayuran tersebut tidak rusak.

 

2. Dikukus

sayur kukus

Sama seperti makanan yang direbus, makanan yang dikukus juga sangat sehat karena tidak menggunakan minyak. Tapi ingat, perhatikan suhu saat mengukus makanan. Karena jika suhu terlalu tinggi, makanan bisa overcooked sehingga gizi pada makanan itu pun dapat rusak.

 

3. Dipanggang

barbeque

Makanan yang dipanggang juga lebih sehat dibanding digoreng atau dibakar. Dalam memanggang makanan, Bunda juga harus memerhatikan suhunya. Karena jika suhu terlalu tinggi, justru kandungan gizi akan rusak, bahkan dapat memicu penyakit lain, seperti kanker.

 

4. Ditumis

pad thai

Makanan yang ditumis mungkin kurang sehat karena menggunakan minyak. Namun, Bunda dapat menyiasatinya dengan mengganti minyak gorneg biasa dengan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak canola. Gunakanlah sedikit minyak tersebut, lalu tumis sebentar sayur beserta bumbunya, dengan api yang sedang. Jangan sampai sayur terlalu matang ya, Bunda!

5. Tidak dimasak

salad

Nah, ini yang paling praktis namun sulit diterima oleh lidah orang Indonesia. Yap! Makanan mentah memang dinilai lebih sehat daripada makanan matang karena kandungan gizinya masih utuh. Jika Bunda dan keluarga tidak terbiasa mengonsumsi aneka daging mentah, Bunda bias menerapkannya pada sayur dan buah saja. Namun, Bunda juga harus ekstra memperhatikan kebersihannya ya. Karena makanan mentah rentan terhadap bakteri.

Untuk mengolah makanan agar lebih sehat, tentu Bunda juga memerlukan peralatan masak yang sehat dan aman. Capodimonte Panci Stainless Set tentu dapat menemani setiap aktivitas memasak Bunda. Dibuat dari stainless steel 304 yang tentunya aman dan terbukti berkualitas.

call to action